Monday, November 5, 2018

Pengertian tentang WWAN (Wireless Wide Area Network)



  1. WWAN (Wireless Wide Area Network)
    a. pengertian WWAN (Wireless Wide Area Network)
wireless wide area network adalah jaringan yang menjangkau area yang lebih luas dibandingkan denga wireless LAN. Jangkauan umumnya mencakup nasional dengan infrastruktur jaringan wireless yang disedikan oleh wireless server carirer (untuk biaya pemakaian bulanan mirip dengan langganan ponsel). Jika wireless LAN digunakan supauya user jaringan bisa bergerak dalam area yang kecil, maka wireless WAN digunakan untuk menyediakan koneksi internet bergerak dengan are jangkauan yang lebih luas untuk pelaku perjalanan bisnis atau teknisi lapangan. Wireless WAN memungkinkan user untuk mengakses internet, email, serta aplikasi serta informasi peusahaan meskipun meraka jauh dari  kantor. Wireless WAN menggunakan jaringan seluler untuk transmisi data. contoh sistem seluler yang digunakan adalah CDMA, GSM, GPRS, EDGE, 3G dan HSDPA. komputer portabel dengan modem wireless WAN terhubung ke base station pada jaringan wireless ke gelombang radio. Tower radio kemudian membawa sinyal ke mobil switching center. dimana data dilewati kejaringan yang sesuai. Koneksi ke internet di lakukan dengan menggunakan koneksi server provider. Wireless WAN menggunakan jaringan seluler eksisting sehingga bisa melakukan panggilan suara melalui wireless WAN. Baik telepon seluler dan kartu wireless WAN bisa melakukan panggilan suara dan juga melewatkan data pada jaringan wireless WAN.


   b. bentuk komunikasi WWAN.
Teknologi WWAN memungkinkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel melalui jaringan publik maupun privat. Koneksi ini dapat di buat mencakup suatu daerah yang sangat luas, seperti kota atau negara, melalui pengguna bebetrapa pengguna antena atau juga sistemsatelit yang di delrnggarakan oleh penyelenggara jasa telekomunikasi. Bentuk komunikasi jaringan WAN antara lain point to point, sirkuit switching, dan paket switching. 
        1) point to point, di sebut juga jaringan leassed line, dimana jaringan ini ecara privat berhubungan satu sama lain. Link ini mengakomodasi dua tipe transmisi, transmisi data gram, dan transmisi data stream. contoh metode ini adalah sistem telepon.
        2) sirkuit switching, merupakan metode switching dengan keberadaan siorkuit secara fisik yang terdedikasi. metode ini di gunakan oleh teknologi integratet servise digital network atau ISDN.
        3) paket switching, merupakan metode switching pada peralatan jaringan yang melakukan share link point to point untuk transportasi paket dari sumber data ke tujuan melintasi jaringan. contoh metode ini adalah Asycnchronous Transfer Mode (ATM), Frame Relay, Switched Multimegabid Data Service (SMDS), dan X.25

    c. Teknologi selular WWAN
secara umum, sebuah sistem selular terdiri dari tower sel, konsentrator, switches voices dan data gateway. Sistem selular menggunakan sistem penggambaran heksagonal untuk menggambarkan cakupan area secara geografis. Area inilah yang disebut dengan cell. Setiap cel mempunyai ukuran diameter kurang lebih 26-32 Km2 dengan radius jangkauan 1 hingga 50 km. dan setiap sel tersebut akan membentuk grid-grid heksagonal seperti sarang lebah yang mempunyai ukuran sel yang lebih kecil yaitu 6 km.
setiap cell site sebuah base station mempunyai daya pancar 800-1900 MHz dengan dilengkapi antena untuk mengatur cakupan wilayahnya. Frekuensi untuk setiap base station harus dipilih dengan hati - hati untuk mengurangi interferensi dengn cell tetangga. Layanan pancaran akan sangat tergantung dari keadaan topografi, kepadatan populasi dan kepadatan lalu lintas data. Berikut adalah perkembangan generasi layanan selular.

halaman : 55


1.       1. Seluler generasi pertama (1G)
Komunikasi mobile phone wireless pertama kali dikembangkan dengan menggunakan sinyal analog. Sinyal suara akan dikirimkan dengan menggunakan gelombang frekuensi modulasi (FM)
System seluler generasi pertama ini digunakan hanya untuk voice dan tdk mencukupi untuk memenuhi layanan transfer data komputer. System 1G ini mempunyai kapasitas terbatas untuk melakukan aknisme autentikasi dan enkripsi. teknologi selular generasi pertama  ini diplopori oleh AMPS advance mobile phone service yang dikenalkn pada tahun 1978jaringan ini menggunakan sirkuit terintergrasi yang sangat besar yang terdiri dari komputer dedicatedserta sitem switch dan mobile telpone khusus beserta antenanya uang menjammin system selular tersebut bekerja dengan baik.

2.      2. Selular generasi kedua (2G)
Perkembangan teknologi wireless selular yang sangat ambisius memicu muunculnya selular dengan system digital, tidak lama setelah perkembangan 1G. system iini mempunyai modulasi yang efisien karena menggunakan sinyal digital untuk channel voice. System selular digital mengandalkan Frecuency Shift Keying (FSK) untuk mengirim data keluar masuk melalui AMPS. FSK menggunakan dua buah frekuensi, satu untuk digit 1 dan yang lain
 
HALAMAN 56     



Untuk 0. Tukar menukar terjadi secara cepat antara pengiriman informasi digital pada tower selular dengan telepon. Modulasi dengan skema encode yang baik sangat dibutuhkan untuk mengkoversi dari informasi analog ke digital, kemudian melakukan kompresi serta menejermahkan kembali data tersebut. 
Pengembangan versi sistem 2G (sering disebut 2,5 G) memasukan sistem modulasi yang lebih baik dengan meningkatkan data rate dan efisiensi spektrum. Perkembangan teknologi pemaketan data berkembang pesat dengan munculnya GPRS (General Packet Radio Servise) yang memungkinkan data rate yang cepat malalui sistem GSM. Data rate maksimum yang melalui GPRS adalah 172,2 Kbps dan hanya digunakan pada peralatan yang telah didesain untuk mendukung GPRS. Perkembangan selanjutnya dari GPRS adalah EDGE (Enhanched Data Rate for Global Evolution) yang menghasilkan data rate hingga 474 Kbps.                                                                        
GSM pada awalnya adalah singkatan dari Groupe Speciale Mobile, setelah menjadi standart internasioal akhirnya disebut Global System for Mobile Comunnication. Pengembangan GSM dimulai pada tahun tersebut, Conference of European Postal and Telekomunication Administration (CEPT) mencoba menyeragamkan sistem selular eropa ke dalam frekuensi 900 Mhz.

    3.Selular Generasi Ketiga 3G

    Perkembangan teknologi komunikasi mobile berkembang dengan pesatnya. Setelah 2G, generasi selular berikutnya yaitu 3G. Teknologi ini telah merambah kelayanan internet secara wirelle.
  

 HALAMAN 57                 



Teknologi ini juga dapat mengakses secara permanen ke web, vidio internet, dengan kualitas suara yang sangat baik seperti kualitas CD audio plater hingga ke teknologi kamera vidio yang diintegarikan dalan telepon seluler atau gadget kita. Pembatasan terminologi 3G tidak begitu jelas, namun definisi 3G mempunyai standar yang berlainan dengan teknologi teknologi pendahuluannya, sepertiGPRS dan IS-95b yang belum optimal. Sistem 3G telah menyediakan kecepatan tinggi seperti pada saluran ISDN (Integrated Service Digital Network) untuk semua pengguna tanpa terkecuali. cdmaone telah mendukung beberapa tipe yang secara kolektif tersebut cdma2000 yang bukan merupakan standar Eropa maupun Jepang.

Negara negara Eropa telah mendefinisikan  sebagai sebuah teknologi tipe CDMA yang dapat bekerja sama dengan sistem GSM, akan tetapi tidak kompatibel dengan sistem yang digunakan di negara Jepang. sementara itu, di tempat di Amerika, operator D-AMPS dan GSM menggunakan TDMA, sehingga dapat terjadi global roaming dan hanya dapat dilakuan pada telepon yang mempunyai multimode yang khusus. Tren layanan yang ditawarkan pada sistem 3G ke depan adalah mengombinasikan layanan internet, telepon, dan media broadcash ke dalam sebuah alat. Oleh karna itu, layanan 3G telah mengembangkan enam kelas mulai dari layanan telepon sederhana hingga jaringan komputer, yaitu:
  • Voice, adalah layanan standar dengan kualitas yang lebih baik dari jangan telepon biasa.
  • Messaging, tidak seperti sistem 2G, dimana layanan pesan hanya berupa teks, akan tetapi pada sistem 3G telah menyertakan attacment email.
halaman:58

  • Swithced Data. layanan ini meliputi fax dan akses dial-up kejaringan intranet maupun internet
  •  Medium Multimedia, layanan ini populer diteknologi 3G dengan kecepatan down strem yang              sangat ideal untuk web surfing
  • High Multimedia, layanan ini digunakan untuk akses internet high-speed dengan kualitas                      multimedia yang sangat baik.
  •  Interactive High Multimedia, layanan ini menghasil kan kualitas multimedia yang sangat baik,              sehingga mampu melakukan vidio congerence atao vidio call dan telepresence.

    4. HSDPA
      Merupakan teknilogi yang disempurnakan dari teknologi sebelumnya yang juga dapat disebut 3.5G, 3G+ atau turbo 3G yang memungkinkan jaringan berbasis universal mobile telekommunication system (UMTS) memiliki kecepatan dan kapasitas transfer data lebih tinggi. penggunaan HSDPA saat ini menyokong kecepatan penelusuruan dari 1.8,3.6,7.2 hingga 14mp/s. oleh karna itulah jaringan HSDPA in sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai modem internet pada komputer atau pun notbook. pemasaran HSDPA dalam bentuk modem yang digunakan sebagai koneksi mobile broadband baru di perkenalkan pada tahun 2007. pada agustus tahun 2009, 250 jaringan HSDPA secara komersial telah meluncurkan layanan mobile broadband di 109 negara. pada dasarnya layanan HSDPA tidak beda jauh dengan layanan yang diberikan oleh generasi sebelumnya yaitu: GPRS,CDMA,EDGE dan 3G. teknologi tersebut memiliki kesamaman bahwa sama sama meng gunakan layanan lewat jalur IP (internet protokol). HSDPA diperkenalkan oleh Third Generation Partnership Project ( 3GPP) release standar. tujuan utama adalah meningkatkan standar througput melalui konsep multipl input multple output(MIMO) atau dengan teknik antena array. proses kerja cell menggunakan alokasi asymetrics spectrum frekuensi dalam multi carries cell.efisiensi dari sistem menjadi dua kali lipat, yang artinya juga meningkatkan persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan.

HALAMAN 59



Jaringan HSDPA secara fisik memiliki 3 kanal yakni high speed data physic downlink shared channel (HS-PDSC), High Speed Shared Control Channel (HS-SCCH) dan High Speed Dedicated Physical Control Channel(HS-DPCCH). HS-PDSCH mengadopsi adaptive modulation QPSK (Quadrature Phase Shift Keying) atau algoritma fase modulasi yang sudah ada, dan 16 QAM (Quadrative Amplitude Modulation) yakni 4 aplitude dan 4 fase yang memungkinkan penggunaan data Rate tinggi dibawah kondisi jaringa radio yang bermacam-macam.
d.      Teknologi WWAN
Teknologi Wireless LAN mempunyai fokus pada modulasi suara dan data. Modulasi akan mengkonversi sinya digital sehingga dapat mempresentasikan informasi dikomputer melalui sinyal digital melalui radio frecuency (RF)atau sinyal cahaya. Wireless WAN secara eksklusif menggunakan sinyal RF yang didesain untuk mengakomodasi beberapa pengguna sekaligus. Setiap user akan mempunyai channel atau terdedikasi. Hal ini lah yang membedakan dengan Wireless LAN, dimana setiap user akan melakukan share pada satu channel. Interferensi antara pengguna Wireless WAN dengan Base Station dapat dikurangi. Beberapa teknik modulasi pada teknologi Wireless WAN antara lain :

HAL 60

1 comment:

  1. Baccarat And Baccarat in Arizona: Tips And Tricks - FBCasino
    One of the most popular betting options in Arizona is the use of a baccarat 1xbet bet. 메리트 카지노 고객센터 When using a betting platform, you have a clear and 바카라사이트 clear

    ReplyDelete