Thursday, January 17, 2019

Karakteristik Kabel Jaringan Fiber Optik

Karakteristik kabel jaringan fiber optik yaitu terdiri dari inti yan terbuat dari serat kaca dengan beberapa lapisan yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Tak berbeda jauh dengan kabel jarinan lain seperti kabel UTP atau kabel STP, pada kabe jaringan fiber optik ini juga terdapat insulator (disebut coating) yg dirancang dengan beraneka ragam warna.

Hasil gambar untuk komponen kabel fiber optik
untuk lebih jelasnya karakteristik kabe jaringan fiber optik dapat dijelaskan dengan menggunakn gambar sederhana diatas. Dari gambar tersebut dapat dilihat jika kabel fiber optik terdiri dari :
  1) Inti (Core)
tepat di tengah tengah kabel fiber optik yakni core alias inti yang terbuat dari sera kaca umumnya core ini memiliki diameter sekitar 2um-59um (terganun jenis serat optiknya) dimana ukuran core ini sendiri berpengaruh besar terhadap kualitas dan kemampuan dari sebuah kabel fiber optik. Fungsi core pada kabel fiber optik ini adalah sebaai tempat berlangsungnya perambatan cahaya dari satu ujung ke ujun kabel lainnya. sehia proses pengiriman cahaya dapat dilakukan.
  2) Jaket (Clading)
Lapisan yang menyelubuni core pada kabel fiber optik disebut dengan cladin yan terbuat dari kaca. Indeks bias yang dihasilkan ladin ini leih kecil dari core diana hubungan indeks bias antara core dan clading akan memengaruhi perambatan cahaya pada core (memengaruhi besarnya sudut kritis). diameter cladin berkisar antara 5um-250um serta berfunsi sebaai pelindun core sekaligus menjadi cermin yang terpancar keluar kembal ke dalam core. Bisa dibilang clading merupakan bagian yan unya peran penting karena bekat cladin inilah cahaya dapat merambah dalam core serat optic
  3) Mantel (Coating)
Dibaian luar setelah cladin, terdapat mantel atau coating uan umumnya terbuat dari bahan plasik. Adapun funsi coating pada kabel fiber optik adalah sebagai pelindun mekanis yan menjaga serat optik dari kerusakan yang dapat terjadi karena lengkungan kabel atau gangguan luar lainnya seperti kelembapan. Coain ini memiliki wrna yang beragam untuk mempermudah dalam penyusunan urutan core.
4) Strength Member & Outer Jacket
Strength member (material penguat) dan Outer jacket (Jacket luar) merupakan lapisan terluar dari seuah kabel fiber optik. Fungi atau kegunaannya tentu saja sebagai pelindung yang menjaga kabel dari gangguan luar yang bisa menyebabkan kerusakan pada bagian core.

No comments:

Post a Comment